Selamat Datang di Web Programer | Berbagi ilmu dalam dunia maya dan teknologi

7.18.2009

Cara Posting Kode HTML

Para blogger mania pasti mengetahui akan istilah kode HTML, kode yang digunakan dalam template, widget, dll. Ketika kita menemukan trick baru, kita ingin berbagi dengan sobat blogger yang lainnya. Salah satunya mungkin dengan berbagi kode HTML dalam menerapkan tricknya. Namun, kadang-kadang kode HTML yang ingin kita bagikan terlalu banyak. Sehingga kalau kita munculkan dalam postingan mungkin akan membuat postingan kita tidak enak dipandang. Lalu, terpikir juga bagaimana sobat blogger yang akan menyalin kode tersebut, pasti harus menggerakkan mousenya kebawah. Wah repot tuh. Tadinya ingin berbagi, eh malah menyusahkan orang lain.

Nah untuk mengatasi itu, ada suatu cara yang maknyus. Kita bisa menggunakan form Ketika hendak memposting kode HTML atau sesuatu yang penting. Lalu dengan sedikit bumbu, form tersebut kita tambahkan tombol untuk menyalin (copy) kode tersebut. Dengan cara menekan tombol, kode akan diblock. Kemudian tinggal hanya menekan ctrl+v dan kemudian ctrl+p, maka kode sudah tersalin. Tampilan form-nya seperti ini.

Untuk membuat form seperti itu, ada sedikit kode yang harus ditambahkan diantara kode yang ingin kita tampilkan. Kode yang harus ditambahkan yaitu:






Dalam kode tersebut terdapat beberap hal penting, diantaranya:
1. Align="center" , center berarti bahwa form akan berada ditengah-tengah artikel. Sobat bisa menggunakan kata "left" untuk membuat form berada di sebelah kiri artikel (posting) atau kata "right" untuk membuat form berada di sebelah kanan artikel.
2. height, digunakan untuk mengatur ketinggian dari form.
3. width, digunakan untuk mengatur lebar dari form.

Ketika sobat akan memunculkan kode HTML atau sesuatu hal yang penting, maka sobat tinggal mengganti kata-kata "Kode HTML" dengan kode atau hal penting yang ingin dimunculkan didalam form.

Gimana??? gampangkan? Mudah-mudahan semua ini dapat membantu kita dalam berbagi dengan sesama blogger.

Salam


Artikel Terkait:











Komentar :

ada 0 komentar ke “Cara Posting Kode HTML”
:11 :13 :15 :17 :19 :21 :23 :27 :29 :31 :33 :35 :37 :39 :41 :43 :45 :47 :49 :51 :53 :55 :57 :59 :61 :66 :69

Posting Komentar

Semua Komentar anda akan sangat berarti buat Trick programer untuk dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya.Terima kasih....

Klik disini untuk kasih komentar

Recent Comment

Join Me

Recent Post